Home / Kabar daerah

Selasa, 15 Februari 2022 - 15:36 WIB

BLUD SPAM Atasi Krisis Air di Puskesmas Mano

BORONG, DENORE.ID—Badan Layanan Umum Daerah Satuan Pelayanan Air Minum (BLUD SPAM) Kabupaten Manggarai Timur mengatasi krisis air di Puskesmas Mano, Kecamatan Lamba Leda Selatan. Caranya menambah jaringan pipa ukuran besar. Dengan itu distribusi air ke Puskesmas Mano dipastikan lancar.

Direktur Blud Spam Kabupaten Manggarai Timur, Kevin Agas, menyampaikan hal itu ketika dialog bersama di Puskesmas Mano, Selasa (15/2/2022). Dialog bersama itu guna menyikapi keluhan pasien dan keluarga pasien terkait kekurangan air di pusat pelayanan itu.

Hadir dalam dialog itu Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur, Damu Damian, bersama anggota DPRD Matim, Sipri Habur dan Bonefasius Asak Jeramat. Turut hadir sejumlah pejabat teras Puskesmas Mano, tenaga medis dan petugas air di Mano.

Kevin Agas, mengatakan, pihaknya mengaku kaget terkait informasi kekurangan air di Puskesmas Mano sebagaimana disampaikan DPRD Manggarai Timur. Sebab kantor pelayanan masyarakat itu bertetangga dengan kantor pelayanan air di wilayah itu. Kecuali itu dirinya berterima kasih kepada masyarakat yang telah menginformasikan persoalan tersebut kepada lembaga Dewan. Sebab adanya informasi tersebut memungkinkan pertemuan bersama anggota Dewan, tenaga medis Puskesmas Mano, Blud Spam dapat berlangsung.

“ Kami ada grup untuk saling komunikasi tentang pelayanan air bagi masyarakat di Mano ini. Setiap saat kita saling komunikasi. Saya tidak pernah dapat info kekurangan air di Puskesmas Mano. Biasanya di Mano ini, yang bermasalah itu instalasi air yang bersumber dari Mata Air Roda. Pipa dipotong atau tindakan lain yang menghambat distribusi air ke pelanggan. Terhadap persoalan tersebut segera kita sikapi,” katanya.

Dia menjelaskan, setelah mendapat informasi adanya kekurangan air di Puskesmas Mano segera disikapi  dengan menambah instalasi baru. Instalasi itu bertujuan menambah volume air ke Puskesmas Mano. Dengan tambahan instalasi itu, maka distribusi air dipastikan lancar. Lebih dari itu, lanjutnya, aliran air ke Puskesmas Mano tidak lagi berlaku dua hari dalam sepekan. Tetapi manajemen Blud Spam menetapkan berlaku 24 jam setiap hari demi melancarkan pelayanan. Kebijakan itu juga mengingat tingginya penggunaan air.

“ Untuk tiga unit pelayanan yakni, Puskesmas Mano, Kantor Camat lamba Leda Selatan dan Kantor Cabang Pertanian kita tetapkan berlaku 24 jam,” katanya.

Menurutnya, penambahan instalasi baru bagi tiga unit pelayanan masyarakat tidak berdampak pasokan air bagi masyarakat umum. Sebab pengelola telah mengatur secara disiplin jadwal pasokan airnya.

Lebih lanjut Kevin Agas, menandaskan bertambahnya instalasi air berdampak pada ketersediaan wadah tampung. Apakah fasilitas yang ada di puskesmas cukup tersedia atau tidak. Karena itu manajemen Puskesmas Mano perlu pikirkan bersama agar semunya tidak tersendat lagi. Sebab dikhawatirkan air lancar tetapi wadah tampung tidak tersedia.

“ Harus diakui perencanaan bak penampung air yang ada sekarang kurang memadai. Padahal status Puskesmas Mano adalah puskesmas afirmasi,” sesalnya.

Ke depan, tuturnya, Blud Spam mengupayakan adanya mobil tangki guna mengatasi kekurangan air di beberapa titik. Baik di lingkup pemukiman penduduk maupun fasilitas umum. “Kita berjuang adakan mobil tangki air. Kita lihat anggaran ke depannya,” katanya.

Bukan Hanya Warga Mano

Dengar Arahan/ Sejumlah petugas medis dengar arahan dari Direktur BLUD SPAM dan anggota DPRD Manggarai Timur/Kanis Lina Bana/Denore.id

Kepala Tata Usaha (KTU) Puskesmas Mano, Yoseph Budiman, menegaskan, pelayanan Puskesmas Mano tidak hanya berlaku bagi warga sekitar. Tetapi berlaku juga bagi masyarakat Manggarai Timur bahkan di luar Manggarai Timur. Umumnya terjadi jika pasien yang hendak rujuk ke RSUD Ruteng mengalami gangguan. Baik yang datang dari Benteng Jawa, Watu Nggong maupun dari Borong. Karena itu volume pelayanan di puskesmas itu sangat tinggi.

Meski mobilitas pasien sangat tinggi, tetapi pelayanan tidak terganggu. Sebab 143 tenaga medis di puskesmas itu telah dibagi tanggung jawabnya. Baik yang menangani pasien rawat jalan maupun rawat inap. Sejauh ini, lanjutnya, standar pelayanan ditaati secara benar, baik dan memadai. Kecuali itu kekurangan air yang terjadi belakangan ini mengganggu pasien, keluarga pasien maupun tenaga medis. Karena itu kebijakan yang ditempuh Blud Spam dengan menambah instalasi baru sangat terbantu.

“Selain melayani pasien yang rawat di Puskesmas Mano, petugas medis juga melayani masyarakat di desa-desa. Saat ini pelayanan  tertolong karena ada mobil operasional yang memobilisasi petugas medis ke desa-desa tujuan,” katanya.

Dewan Perjuangkan Anggaran

Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur, Dami Damuan, menegaskan terhadap kekurangan fasilitas bak  tampung air akan perjuangkan anggaran untuk pembangunan bak penampung ukuran besar. Fasilitas itu sangat dibutuhkan mengingat fasilitas yang ada saat ini kurang memadai. “Kita upayakan dana di perubahan anggaran nanti,” tegasnya.

Sipri Habur, menambahkan bak penampung ukuran besar sangat memungkinkan karena lahan di seputaran puskesmas masih cukup tersedia. Apalagi status puskesmas afirmasi butuh dukungan fasilitas yang memadai. “Tidak ada pilihan lain. Bak penampung harus diadakan. Kita bicara saat perubahan anggaran. Sebab anggaran induk tidak memungkinkan lagi,” tegasnya.

Usai dialog bersama dilanjutkan pantauan fasilitas bak penampung. Bak penampung yang ada berukuran 2 M X 2 M. Dasar bak penampung sudah bocor. Air merembes. Ukuran pipa untuk distribusi air ke bak penampung hanya ½ dim. Ada  juga dua bak kuning ukuran sedang untuk tampung air guna mencukupi kebutuhan di unit pelayanan lantai dua. Sedangkan bak utama dipakai untuk pelayanan air di lantai satu dan ruang perawatan inap.  (Kanis Lina Bana)

Share :

Baca Juga

Kabar daerah

Pekerjaan Rumah Sakit Pratama Watunggong Berantakan

Kabar daerah

Ansy Lema Datangkan Traktor Roda Empat di Matim

Kabar daerah

Pedagang Ikan di Borong Tuntut Keadilan

Kabar daerah

DPC Perindo LLS Mengkover Partai ke Kecamatan LLS

Kabar daerah

Rapat di Kelurahan Kota Ndora menyepakati eksekusi mati ternak berkeliaran bebas

Kabar daerah

‘Fee 5%’ PMKRI Ruteng Desak Polres usut Tuntas

Kabar daerah

BLT BBM di Desa Lembur akan dibagikan hari ini

Kabar daerah

Wajib Pilih diperiksa Panitia Menuju Pencoblosan Cawabub Matim