Home / Pendidikan dan Sastra

Minggu, 22 Mei 2022 - 22:49 WIB

Buku Rentenir Politik Segera Diluncurkan

Buku Rentenir Politik yang akan segera Diluncurkan. Foto/Ist/Denore.id

Buku Rentenir Politik yang akan segera Diluncurkan. Foto/Ist/Denore.id

BORONG, DENORE.ID- Nardi Jaya, Wartawan Flores News yang bertugas di Borong, Manggarai Timur menulis buku perdananya dengan judul “Rentenir Politik”. Buku tersebut rencananya akan diluncurkan pada 1 Juni mendatang.

“Bertepatan dengan hari lahir Pancasila. Kita pakai momen ini untuk peluncuran bukunya,” kata Nardi, saat dikonfirmasi Media ini Sabtu (21/05/2022).

Pemimpin umum Media Flores News tersebut menjelaskan bahwa buku Rentenir Politik yang ditulisnya adalah hasil atau catatan perjalanan Jurnalistik selama menjadi Jurnalis di Wilayah Matim.

“Banyak realitas dan persoalan yang saya temui. Contohnya praktek lintah darat, karena tumbuhnya sistem ekonomi kapitalis yang justru dilakoni penguasa dan pemilik modal sehingga melahirkan Kemiskinan Ekstrem di NTT.

Praktek riba, dimana masyarakat kecil meminjam uang kepada pemilik modal dengan bunga tinggi kemudian akan dihapus dengan syarat kreditor harus memilih atau memberikan suaranya kepada
pemilik modal untuk maju legislatif atau pilkada

Black Compaign atau politik membagi-bagi uang untuk membeli suara hingga orentasi untuk mengembalikan modal kampanye yang mengakibatkan terjalinnya lingkaran setan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), dan mafia proyek yang sulit diberantas.

“Ini yang saya sebut rentenir politik,” tegasnya.

Menurut Nardi, rentenir politik selalu bermuara pada kepentingan (vested interest) dengan prinsip simbiosis mutualisme yang pada puncaknya akan memperkuat petronase relasi perselingkuhan antara penguasa dan pengusaha.

Untuk diketahui, Buku Rentenir Politik diterbitkan pertama kali oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Matim. Penyunting: Kanis Lina Bana, Prolog: Kristian Emanuel Anggur dan Kata Sambutan: Ino Sengkang.

Tim Redaksi Denore.id

Share :

Baca Juga

Pendidikan dan Sastra

TANAH TERJANJI

Budaya

SMPN Satap Pocong Tampil Gemilang di Panggung Expo Pendidikan Matim

Pendidikan dan Sastra

Expo Pendidikan: Strategi Meningkatkan Prestasi Siswa di Manggarai Timur

Pendidikan dan Sastra

Selamatkan Pendidikan Katolik di Manggarai Timur

Pendidikan dan Sastra

Lembaga  Akomodir Siswa yang Dipecat, Asal Tanpa Syarat

Budaya

SMPN 3 Puntu Torok Golo Pamerkan ‘Sombu Kabo’ di Acara Expo Pendidikan Matim

Pendidikan dan Sastra

Reinkarnasi

Pendidikan dan Sastra

Peduli Anak Putus Sekolah, Pemuda Desa Pocong Dirikan Rumah Baca