Home / Kabar daerah

Senin, 30 Mei 2022 - 02:38 WIB

Dinas P2KB3A Matim Pilih Duta Genre 2022

Sulfikar Saputra dan Yanuaria Andini Hatu, Siswa SMAN 1 POCO RANAKA, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) 2022 Kabupaten Manggarai Timur, NTT. Foto/Yulianus Nardin/Denore.id

Sulfikar Saputra dan Yanuaria Andini Hatu, Siswa SMAN 1 POCO RANAKA, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) 2022 Kabupaten Manggarai Timur, NTT. Foto/Yulianus Nardin/Denore.id

BORONG, DENORE.ID-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB3A) Manggarai Timur memiliki Siswa SMAN 1 Poco Ranaka, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Sulfikar Saputra dan Yanuaria Andini Hatu sebagai duta Generasi Berencana (GenRe) 2022 Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Sabtu, (28/05/22)

Pemilihan duta GenRe yang berlangsung di Sentra IKM Rana Tojong ini diikuti 12 peserta, dari hasil seleksi tim juri menyatakan, Sulfikar Saputra dan Yanuaria Andini Hatu terpilih jadi peserta terbaik dan akan melaju ke tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang.

Dikatakan Kepala Dinas P2KB3A Alexander Kantar kegiatan pemilihan duta GenRe bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan dan konseling kesehatan reproduksi, gizi dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Karena itu, dirinya mengharapkan dengan pemilihan duta GenRe dapat menjadi figur dan contoh bagi para remaja lainnya untuk menjadi generasi berencana yang berkualitas.

“Untuk itu, para remaja diharapkan mampu menunda usia perkawinannya di usia muda, dengan mempersiapkan segalanya atau dengan merencanakan perkawinan dengan matang,” ungkap Alex

Menurutnya, untuk menjadi remaja berkualitas maka dibutuhkan perencanaan termasuk harus memiliki rencana kapan harus berkeluarga. Selain itu juga duta GenRe diharapkan dapat berbagi wawasan, pengetahuan dan ikut mengedukasi remaja.

“Bagi kami, semua peserta atau duta GenRe yang ada saat ini, sudah tergabung menjadi agen BKKBN. Artinya, mereka menjadi perpanjangan tangan kami, sehingga bisa membantu BKKBN mewujudkan visi misi BKKBN ke depan,” ujarnya

Semantara menurut Ketua Panitia Pemilihan duta GenRe Afrianus Retno Budi menjelaskan, sebanyak 6 sekolah yang mengikuti kegiatan tersebut, yaitu, SMAN 1 Poco Ranaka, SMAK Pancasila Borong, SMA 2 Borong, SMK Tiara Nusa Borong, SMAN 9 Borong, dan Madrasah Aliyah Borong.

“Pada kegiatan ini, masing-masing sekolah mengutus dua peserta.
nantinya akan diuji oleh tim juri provinsi bagi duta terpilih juara duta GenRe Manggarai Timur tahun 2022,” Jelas Afri

Imbuhnya, Untuk lomba tingkat provinsi nanti, Duta GenRe terpilih dari Kabupaten Manggarai Timur, akan mengikuti test wawancara dan mempresentasikan makalah melalui virtual meeting. Ada 4 isu yang dibawakan oleh peserta dalam kegiatan ini yaitu, tentang penikahan dini, seks pranikah, Napza (narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya) yang berkaitan dengan stunting dan Covid-19.

“12 peserta yang mengikuti lomba ini akan menjadi pengurus forum GenRe Kabupaten Manggarai Timur,” tutupnya

Penulis : Yulianus Nardin/Denore.id

Share :

Baca Juga

Kabar daerah

Sapi Tualang Bebas Depan Rumah Warga di Kampung Ende

Kabar daerah

Warga Mondo Kesal, Aliran Listrik Tak Kunjung Masuk

Kabar daerah

BLUD SPAM Atasi Krisis Air di Puskesmas Mano

Kabar daerah

Polres Matim Donasi Bansos bagi Pasien DisabilitasĀ 

Kabar daerah

Pergantian Wabup Matim Bulan Mei, Fraksi Perindo Usul Perimbangan Wilayah

Kabar daerah

Yayasan Mis Al Ikhsan Kai Terima SK dari Kanwil Kemenag NTT

Kabar daerah

Aksi di Kantor Kejari Manggarai, PMKRI Menduga Kejari Konspirasi dengan Oknum Tertentu

Kabar daerah

Harga BBM Subsidi dan Non Subsidi di SPBU Borong Resmi NaikĀ