Home / Bahasa dan Sastra

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:02 WIB

FTBM Matim Luncurkan Buku Rentenir Politik

Buku Rentenir Politik yang akan segera Diluncurkan. Foto/Ist/Denore.id

Buku Rentenir Politik yang akan segera Diluncurkan. Foto/Ist/Denore.id

BORONG, DENORE-ID, Forum Taman Baca Masyarakat Manggarai Timur ( FTBM-Matim) meluncurkan buku  Rentenor politik, Jumat (27/5/2022). Produk intelektual  dengan ISBN 978-623-5283-25-8, Cetakan Yogyakarta, 2022 merupakan karya jurnalis lokal Manggarai Timur, Nardi Jaya. Buku ini berisi tentang cacatan kegelisahan seorang wartawan atas  fakta di balik berita di wilayah setempat.

Prosesi peluncuran yang dimoderator Kanis Lina Bana ini  berlangsung di sekretariat FTBM Lorong Gua, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT. Hadir dalam acara itu semua jajaran pengurus FTBM Manggarai Timur.

Ketua FTBM Matim, Rofinus Sengkang, dalam kesempatan tersebut mengapresiasi gebrakan yang dilakukan penulis. Sebab apa yang dihasilkan itu membuktikan kepada publik tentang pentingnya literasi. Karena itu  penulis buku ini,  Nardi Jaya , termasuk anggota FTBM Manggarai Timur yang telah berbicara lewat karya. Apalagi tagline FTBM Manggarai Timur adalah karya yang berbicara.

“ Nardi adalah salah satu generasi Matim yang berbicara lewat karya. Nardi berhasil mencetak salah satu bagian penting dalam visi VTBM Matim yakni menciptakan generasi literasi yang berkarakter mulia,” katanya.

Mantan calon imam ini menegaskan, apa yang dihasilkan itu merupakan kerja otak terukur dan teraktualisasi. Karena itu pihak memberi apresiasi dan enggan berkomentar lebih banyak. Apalagi menggugat dan mengurai lebih detil tentang judul dan isibukunya. Sebab, kata dia, proses kreatif isi buku Rentenir Politik adalah proses kreatif seorang  jurnalistik bernama  Nardi Jaya.

“Kiranya kehadiran buku ini sebagai fragmen lentera cahaya literasi dan motivasi generasi muda Manggarai Timur. Saya berharap akan ada banyak anak muda Matim yang mencintai dunia literasi,” imbuhnya.

Sementara Kristian Emanuel Anggur, selaku penyelaras bahasa karya Nardi Jaya ini menegaskan, buku Rentenir Politik menampilkan tipikal kritik membangun berdasarkan fakta dan data. Walaupun cukup keras dan tajam, namun berbasis nilai edukatif-didaktis tanpa mengabaikan etika. Sumbang-saran Nardi, secara terbuka mengingatkan adanya disorientasi dan tantangan leadership yang perlu dibenahi bersama.

Bahasa buku Nardi Jaya, tegas penulis beberapa buku ini, “Rentenir Politik – Menguak Fakta Di Balik Berita”, sedikit menggugat berbagai fakta hasil liputannya di lapangan. Diksi yang digunakan Nardi, sangat kental dengan semiotika pasar. Tetapi untuk mengetahui dalam perlu baca buku ini agar kita mengetahui apa itu  rentenir politik. (Tim FTBM Matim)

Share :

Baca Juga

Bahasa dan Sastra

Kualitas Pendidikan Anak di Daerah Pedalaman

Bahasa dan Sastra

Dana Bos: Buang Umpan Memancing Ikan?

Bahasa dan Sastra

“Aspira” Sebagai Inspirasi

Bahasa dan Sastra

FATAMORGANA