Home / Tokoh dan Peristiwa

Kamis, 24 November 2022 - 17:42 WIB

Leonardus Jafar, S.Pd, Fokus  Akademik dan Manajerial

BORONG, DENORE.ID. Setelah menanti sekian lama, akhirnya Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (PPO) Propinsi Nusa Tengara Timur melantik pengawas sekolah di wilayah setempat. Jajaran pengawas sekolah yang dilantik (23/11/2022) bertugas mengawas sekolah dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan di masing-masing wilayah.

Dari sekian banyak pengawas sekolah yang dilantik itu, satu di antaranya, Bapak Leonardus Jafar, S.Pd. Putera Elar, Manggarai Timur ini, sebelumnya memimpin SMA Negeri Elar. Namun karena kebutuhan daerah dan setelah melewati rangkaian adminisitrasi dan persyaratan lainnya didampuk mengawas pendidikan menengah atas di wilayah Manggarai Timur.

Kepada denore.id, Ketua Perkumpulan Penulis dan Motivator Nasional (PPNM) Kabupaten Manggarai Timur ini mengatakan, pengawas sekolah merupakan mitra lembaga pendidikan. Sebagai mitra, lanjutnya, peran pengawas menjamin terselenggaranya pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional. Tugas pengawas sekolah rujukan Permendikbud No. 28 Tahun 2018. Rujukan tersebut mengatur peran dan tugas  pengawasan di bidang akademik dan manajerial.

Hal yang sama juga, terang mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ini, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 21 Tahun 2010, pasal 5  mengatur tugas pokok Pengawas  Sekolah di bidang akademik dan manajerial. Fokus utama dua bidang pengawasan tersebut meliputi penyusunan program, pelaksanaan  pembinaan, pemantauan pelaksanaanStandar Nasional Pendidikan. Delapan standar penilaian tersebut meliputi; standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. delapan standar penilaian itu, lanjutnya, menjadi acuan bagi seorang pengawas untuk menjalankan tugas pengawasan akademik dan manajerial.

Untuk diketahui, Leonardus Jafar, S.Pd, bukan sosok asing di jelajah pendidikan. Panggung pelayanan pendidikan sudah dirintisnya semenjak kuliah di Unwira Kupang. Berawal mengajar di SMK Karya Kupang, 2004-2008 dan SMPS Adhyaksa 2 Kupang, 2006-2008. Lepas dari Kupang hijrah ke Ende pada tahun 2008, mengajar beberapa sekolah. Di antaranya SMAK Taruna Vidia Ende, 2008-2014. SMA Tri Dharma Ende, 2008-2010. SMA Adhyaksa Ende, 2008-2012 dan SMPN 3 Ndona Ende,2009.

Tinggalkan kabupaten danau triwarna, lalu pindah ke tanah kuni ago kalo Manggarai Timur. Mulai mengajar di SMAN 5 Kota Komba, 2015,  lalu pindah ke SMAN 3 Borong 2015. Sejak Juni 2015 dipercayakan menjabat Kepala SMAN 1 Elar, 2015-2021.  Tanggal  23 November 2022 dilantik menjadi  Pengawas Sekolah. Aktivitas lain, mantan kepsek yang telah menulis beberapa buku ini  membaktikan diri sebagai Ketua Perkumpulan Penulis Motivator Nasional (PPMN) Kabupaten Manggarai Timur Periode 2022-2027. Saat ini sedang menyelesaikan pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (klb/denore.id)

Share :

Baca Juga

Tokoh dan Peristiwa

Hendrikus Jemi, S.Pd,

Tokoh dan Peristiwa

-Angela Regina Maria Wea, SST.M.Si- Desa Cantik untuk Matim

Tokoh dan Peristiwa

Tiga Gendang di Cumbi Ruteng di Duga Melawan Hukum

Tokoh dan Peristiwa

Yohanes Rumat : Sosok yang  Selalu Pulang  “Rumah”

Tokoh dan Peristiwa

David Sutarto

Tokoh dan Peristiwa

Selamat Jalan Ibu Wis Leko

Tokoh dan Peristiwa

-Maria Nelcy Matara- Memanusiakan Manusia Berakhlak