Home / Lingkungan Hidup

Senin, 25 April 2022 - 02:02 WIB

Miris, Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Hutan Lindung Rana Mese

Tumpukan Sampah di Hutan Lindung Rana Mese, Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur. Foto/Iren Saat/Denore.id

Tumpukan Sampah di Hutan Lindung Rana Mese, Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur. Foto/Iren Saat/Denore.id

BORONG, DENORE.ID – Keasrian hutan lindung Rana Mese, di Desa Golo Loni, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, ternoda dengan tumpukan sampah di kawasan tersebut. Belum diketahui siapa pelaku yang tega melakukan perbuatan tidak terpuji itu.

Pankrasius, warga Kecamatan Lamba Leda Selatan saat ditemui media ini di lokasi, Sabtu (23/04/2022) mengatakan, tumpukan sampah di lokasi tersebut sudah ada beberapa hari yang lalu.

“Saya hampir tiap hari lewat di sini. Sampah ini sudah beberapa hari ada di sini. Saya benar-benar kecewa, pelakunya tidak punya rasa peduli lingkungan. Sadis betul,” kesalnya.

Kata dia, di wilayah itu terdapat Taman Wisata Alam (TWA) danau Rana Mese. Tumpukan sampah itu tentunya mengusik kenyamanan para pengunjung yang hendak menikmati indahnya alam Rana Mese.

Sampah Berserakan di pinggir Jalan Danau Rana Mese, Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur. Foto/Iren Saat/Denore.id

“Ini memalukan. Rana Mese inikan salah satu ikon wisata Manggarai Timur. Wisatawan bukan hanya domestik, tetapi juga dari Mancanegara. Nanti pengunjung yang datang di Rana Mese pulang bawa cerita pengalaman tidak bagus. Alamnya indah tapi sampah menumpuk. Kita malu sebagai orang Matim,” katanya.

Ia meminta agar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Rana Mese segera merespons persoalan itu. Sebab pengelolaan wilayah itu adalah kewenangannya.

Penulis : Iren Saat/Denore.id

Share :

Baca Juga

Lingkungan Hidup

Par Gong, Air Terjun Cantik Nan Tersembunyi di Elar Selatan

Lingkungan Hidup

Tengoklah ke Dalam

Lingkungan Hidup

SMPN Satap Munde: Selamatkan Bumi Pertiwi dari Sampah Plastik