Home / Pendidikan dan Sastra

Jumat, 4 Maret 2022 - 12:44 WIB

Peduli Anak Putus Sekolah, Pemuda Desa Pocong Dirikan Rumah Baca

Keterangan Foto//Moment Peresmian Rumah Baca Mangka Leong/ ist/Afra Sugianto/ Denore.id.

Keterangan Foto//Moment Peresmian Rumah Baca Mangka Leong/ ist/Afra Sugianto/ Denore.id.

MANGGARAI TIMUR, DENORE.ID – Sejumlah pemuda di Dusun Leong, Desa Pocong, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, membentuk Komunitas Mangka Leong. Komunitas yang diresmikan tahun 2009 ini bertujuan menyediakan fasilitas baca bagi anak-anak putus sekolah di wilayah itu.

Pendiri Komunitas Mangka Leong, Marselinus Lon, menyampaikan hal itu saat peresmian rumah baca kepada Denore.id, Senin (28/2/2022) lalu. Menurutnya, alasan utama mendirikan rumah baca adalah bentuk kepedulian terhadap anak-anak putus sekolah.

“Minat baca warga saat ini semakin berkurang. Untuk menggairahkannya, kami dirikan rumah baca. Harapannya masyarakat setempat bisa manfaatkan fasilitas yang ada. Lebih khusus bagi anak-anak putus sekolah,”jelasnya.

Dia mengaku, dukungan masyarakat Dusun Leong, Pemerintah Desa Pocong dan Wahana Visi Indonesia (WVI) terhadap rumah baca patut diapresiasi. Sebab, di usia yang ke-12 tahun Komunitas Mangka Leong memiliki fasilitas rumah baca permanen. “Meski sebelumnya, fasilitas sangat sederhana, namun antusias warga sangat tinggi datang ke sini, “katanya.

Fasilitas permanen yang ada saat ini, jelasnya mulai dibangun 2020. Seiring berjalannya waktu mengalami banyak kendala. Namun puji Tuhan, bantuan Pemerintah Desa Pocong dan LSM Wahana Visi Indonesia melancarkan semuanya. Sehingga impian adanya rumah baca permanen bisa tersedia. “Karena itu, saya sampaikan terima kasih kepada Pemdes Pocong , WVI dan semua pihak yang telah mendukungnya sehingga rumah baca ini selesai dan bisa diresmikan.”terangnya.

Marselinus menambahkan, ke depannya sangat diharapkan taman baca ini dimanfatkan semaksimal mungkin untuk belajar dan menambah pengetahuan. Dengan membaca bisa melihat dunia luar. “Saya berharap dukungan kerja sama dari semua pihak dalam mengembangkan rumah baca ini. Khususnya dukungan fasilitas,”tandas Marsel.

Kepala Desa Pocong, Ardianus Ayon, mengatakan Pemerintah Desa Pocong menyambut baik kehadiran Rumah Baca Mangka Leong. Pemdes Pocong siap bekerja sama untuk mengembangkan rumah baca ini, terutama pengadaan buku bacaan.

Ia juga berharap agar rumah baca Mangka Leong bisa memberikan ruang bagi seluruh anak-anak muda desa Pocong. “Harapan saya rumah baca ini tidak hanya untuk Dusun Leong saja, tetapi untuk seluruh anak-anak muda Desa Pocong untuk berjumpa di Rumah Baca Mangka Leong. Sehingga ada energi positif dan nilai moral untuk membentuk karakter generasi muda Desa Pocong,” Tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wahana Visi Indonesia, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan staf Pemerintah desa Pocong. (Afra Sugianto/Denore.id)

Share :

Baca Juga

Kabar daerah

Dinas PPO Matim Kaji Laporan Dugaan Kepsek SMPN 14 Borong Jarang Masuk Sekolah

Pendidikan dan Sastra

SMPK Waerana Gandeng FTBM Matim Gelar Literasi Sekolah

Pendidikan dan Sastra

Yayasan Swadarma Bhakti Utamakan Kecerdasan Anak Didik

Bahasa dan Sastra

Kualitas Pendidikan Anak di Daerah Pedalaman

Budaya

Cerlang Budaya SMP Negeri 5 Borong

Budaya

SMPN Satap Pocong Tampil Gemilang di Panggung Expo Pendidikan Matim

Pendidikan dan Sastra

Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat! (1)

Pendidikan dan Sastra

Bambu Penghubung Bumi dengan Langit (3)