SI-PELAKOR Paket Layanan Prima BPN Manggarai Timur

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Manggarai Timur, Jermias Haning, S.SiT saat jumpa pers. Foto: Nardin | DENORE.ID

BORONG,DENORE.ID ] Mendukung internalisasi pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Badan Pertanahan Kabupaten Manggarai Timur berkomitmen meningkatkan kinerja untuk mewujudkan layanan pertanahan inklusif dengan menggagas paket pelayanan prima, diantaranya; LANSAH Layanan Satu Hari. LANTURI Layanan Tujuh Hari. SI-PELAKOR Sistem Pengaduan Layanan Kantor. LATIH Layanan Tiga Hari. PILAR Paket Informasi Layanan Pertanahan. SI-MANTAP Sistem Informasi Pemantauan Layanan

Paket pelayanan prima tersebut dilatarbelakangi dengan meningkatkan kebutuhan informasi layanan pertanahan di masyarakat. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sertifikat tanah. Keluhan dan pengaduan masyarakat belum tersampaikan dengan baik

Diantara paket pelayanan prima tersebut memiliki perubahan akselerasi waktu penyelesaian layanan. Misalnya, LANSAH layanan satu hari dengan jenis layanan ROYA penghapusan hak, batas waktu penyelesaian layanan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Agraria No. 1 Tahun 2010 sebelumnya lima hari, sekarang dengan LANSAH hanya satu hari. 

LATIH layanan tiga hari dengan jenis layanan pemecahan sertifikat sebelumnya dilayani dengan 15 hari, sekarang dengan LATIH hanya tiga hari. LANTURI layanan tujuh hari dengan jenis pelayanan pemberian hak milik perorangan sebelumnya dilayani 15 hari untuk tanah pertanian, sekarang hanya tujuh hari. Dan jika Masyarakat Manggarai Timur memiliki pengalaman buruk saat mengurus sertifikat, dapat memberikan kritik dan saran melalui Sistem Informasi Pengaduan Layanan Kantor atau biasa disingkat SI-PELAKOR. Kemudian SI-MANTAP media informasi yang menyediakan tampilan progres penyelesaian layanan yang bisa diakses oleh pemohon.

Begitu juga dengan PILAR, melalui PILAR masyarakat Manggarai Timur mendapatkan kemudahan mengakses; Syarat pendaftaran, download formulir dari mana saja, layanan konsultasi online gratis via WhatsApp, simulasi biaya layanan Pertanahan dan akses lainnya. Tujuannya meningkatkan kemudahan dalam mengurus dan berkomunikasi dengan petugas kantor pertanahan terkait dengan layanan Pertanahan.

PILAR bisa diakses dalam genggaman, dengan mengakses PILAR dan SI-PELAKOR Masyarakat Manggarai Timur dapat menghindari calo, serta dengan mudah mengurus dan berkomunikasi dengan petugas kantor pertanahan terkait layanan Pertanahan.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Manggarai Timur, Jermias Haning, S.SiT mengatakan, pembangunan zona integritas ini, Pertanahan Kabupaten Manggarai Timur berkomitmen menolak korupsi dan gratifikasi dengan memperhatikan inovasi layanan pertanahan

“Korupsi, gratifikasi No!. Tidak boleh ada dalam layanan kami. Jadi pelayanan kami benar-benar bersih. Mudah, murah, karena itu kami menciptakan inovasi” Kata Haning, Kamis (15/12/2022)

Secara nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Manggarai Timur telah mendapatkan predikat inovasi terbaik, ASN teladan nomor tiga di Indonesia dan sudah menerima penghargaan dari Kementerian di Jakarta

Penulis: Nardin | DENORE.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!