Home / Infrastruktur

Senin, 25 April 2022 - 04:51 WIB

Warga Minta Pemda Matim Perbaiki Jalan Benteng Jawa – Dampek

Jalur Benteng Jawa menuju Dampek, di beberapa titik sudah rusak parah. Foto/Iren Saat/Denore.id

Jalur Benteng Jawa menuju Dampek, di beberapa titik sudah rusak parah. Foto/Iren Saat/Denore.id

BORONG, DENORE.ID– Pengendara roda dua maupun roda empat yang melintasi jalur Benteng Jawa-Dampek Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, kerap mengeluh lantaran kondisi ruas jalan penghubung dari dan menuju, Benteng Jawa, ibu kota kecamatan Lamba Leda, tersebut sangat buruk. Aspal terkelupas hampir terjadi pada sepanjang ruas jalan itu. Atas kondisi itu, warga minta agar Pemerintah segera perbaiki.

Alex, seorang pengguna jalan yang ditemui media ini mengatakan, dirinya kerap terpeleset akibat bebatuan licin. Ia mengaku harus ekstra hati-hati saat melintasi jalur itu.

“Apalagi kalau musim hujan om, saya sering tergelincir dan beberapa kali jatuh karena aspalnya sudah terkelupas semua, yang kelihatan hanya batu-batunya saja,” ujarnya saat ditemui Denore.id, Senin (25/04/2022).

Senada juga diungkapkan, Ferdinandus Nangkar yang berprofesi sebagai penjual ikan. Tiap hari ia harus berhadapan dengan kondisi penuh resiko lantaran kondisi ruas jalan itu sangat parah.

Kondisi ruas jalan Benteng Jawa menuju Dampek. Foto/Iren Saat/Denore.id

“Saya lewat tiap hari di sini. Saya penjual ikan, ambil di Dampek atau Reo dan jual di Benteng Jawa. Jadi, selalu berhadapan dengan resiko tinggi,” katanya.

Kata dia, pada tahun 2021 lalu, ruas jalan itu pernah diperbaiki, namun kini sudah rusak kembali. Menurutnya, hal itu dikarenakan perbaikan tidak didukung dengan pembangunan drainase.

“Pernah kerja tahun 2021 dulu, itu dari kampung Nanus sampai Wae Paci. Tapi sekarang sudah rusak lagi. Itu disebabkan karena bangun jalan tanpa drainase, sehingga saat musim hujan, air luap dan masuk ke badan jalan. Justru itu yang menyebabkan jalan cepat rusak,” tandasnya.

Atas kondisi itu, ia meminta agar Pemda Matim segera memperbaikinya.

“saya dengar Pemda Matim rencana pinjam dana dari Bank NTT. Jadi kalau terealisasi, saya harap dianggarkan juga untuk perbaiki jalur ini,” tutupnya.

Penulis : Iren Saat/Denore.id

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

Jembatan Utama Menuju Kampung Rewung Ambruk Total, Warga Perbaiki Seadanya

Infrastruktur

Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Infrastruktur

End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa

Infrastruktur

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health